SYEKH AHMAD KHATIB
(bukan) cucu
TUANKU NAN RENCEH?
(bukan) cucu
TUANKU NAN RENCEH?
Suatu
kali, tak ingat persis kapan, saya searching di situs
http://books.google.com/. Keyword yang saya ketikkan; “tuanku nan
renceh”. Setelah tengok sana, sigi sini, mata saya pun terpaku pada
sepenggal kalimat yang menyebut; Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawy
adalah cucu dari Tuanku Nan Renceh, tokoh Paderi nan radikal itu. Seakan
tak percaya dengan hal itu, saya gali dan gali lagi informasinya lebih
dalam.
Ternyata ada beberapa buku dan artikel yang
menyebutkan Tuanku Nan Renceh adalah kakek dari Syekh Ahmad Khatib,
seorang tokoh pembaharu asal Minangkabau. Diantaranya Chalijah
Hasanuddin (1988), Muhammad Syamsu As (1996), Panji Masyarakat (1999),
Susiknan Azhari (2006), A Suryana Sudrajat (2006 dan 2007) dan A. Ikhdan
Nizar St Diateh (2008).
Tapi dalam penelusuran
lebih lanjut, saya menemukan pula beberapa penulis yang menyebut, kakek
Syekh Ahmad Khatib adalah Tuanku Nan Rancak (juga ulama Paderi
terkemuka), bukan Tuanku Nan Renceh. Yang menulis begitu diantaranya
Buya HAMKA (1982), Akhria Nazwar (1983), Islamic Center Sumatera Barat
(2001) dan buku Cahaya dan Perajut Persatuan: Waliullah Ahmad Khatib
al-Minangkabawy Penerbit Adicita Karya Nusa (2001).
Tentang
kontroversi pendapat ini, beberapa waktu lalu penulis sempat melakukan
korespondensi online dengan Muhammad Dafiq Saib Sutan Lembang Alam,
salah seorang cucu dari Syekh Ahmad Khatib. Menurut Muhammad Dafiq Saib
(MDS)*, keterangan Buya HAMKA lah yang sesuai dengan ranji keturunan
Zainab. "Ambo khawatir Tuanku Nan Rancak suami Zainab ko mungkin
dikaliruan urang jo Tuanku Nan Renceh," tulisnya. *MDS adalah anak dari
Zakiah anak dari Maryam anak dari Aisyah (salah satu saudara perempuan
Syekh Ahmad Khatib).
Meski begitu, dua pendapat
kontroversial ini tetap saja membingungkan, setidaknya bagi saya.
Apalagi hingga setakat ini belum saya temukan satupun keterangan yang
mencoba mengkonfrontir langsung kedua pendapat yang berbeda itu.
Karenanya, penelitian lebih konprehensif tentang perkara yang belum
jelas duduk tegaknya ini sangat layak untuk diperdalam.
Menurut
hemat saya, salah satu dari dua pendapat tentang kakek Syekh Ahmad
Khatib ini bisa dipastikan benar. Tapi yang mana? Apakah Tuanku Nan
Renceh atau Tuanku Nan Rancak? Kalau Tuanku Nan Renceh yang benar, mana
bukti pendukungnya? Kalau Tuanku Nan Rancak, apa pula bukti penguatnya?
Apatah lagi, seperti disebut Buya HAMKA, Tuanku Nan Rancak ini adalah
seorang ulama terkemuka di zaman Paderi. Kalau iya, kok sejauh ini saya
belum menemukan riwayat khusus tentang ulama Paderi bergelar Tuanku Nan
Rancak itu.
Atau mungkinkah Tuanku Nan Renceh dan
Tuanku Nan Rancak itu adalah orang yang sama. Meskipun kecil,
kemungkinan seperti itu tetap saja ada. Trauma sejarah akibat api
pertentangan dan peperangan hebat antara kelompok Tuanku Nan Salapan
yang radikal dibawah pimpinan Tuanku Nan Renceh versus gurunya Tuanku
Nan Tuo plus Fakih Saghir yang moderat bisa saja memunculkan upaya untuk
menghapus jejak tragedi itu. Betapa hebatnya pertentangan murid dengan
gurunya itu terekam jelas dalam Surat Keterangan Syeikh Jalaluddin karangan Fakih Saghir.
Berdasarkan
penelusuran gineakologi, Tuanku Nan Rancak (atau bisa jadi Tuanku Nan
Renceh) dan Syeikh Jalaluddin Fakih Saghir adalah besan. Anak Tuanku Nan
Rancak dari hasil perkawinannya dengan Zainab yakni Limbak Urai
dikawinkan dengan Abdullatif Khatib Nagari (anak Syeikh Jalaluddin Fakih
Saghir). Dari perkawinan itu lahirlah beberapa anak, diantaranya Ahmad
Khatib. Artinya, Tuanku Nan Rancak atau Tuanku Nan Renceh adalah kakek
Ahmad Khatib di pihak ibu dan Syeikh Jalaluddin Fakih Saghir adalah
kakek di sebelah bapak.
Pengaburan fakta dan atau
pengeliruan penyebutan (seperti diduga MDS) antara Tuanku Nan Rancak
dengan Tuanku Nan Renceh sangat mungkin terjadi. Bisa sengaja atau tidak
disengaja. Asumsi ini bisa saja benar mengingat adanya pertentangan
yang amat hebat antara Tuanku Nan Renceh dkk dengan gurunya Tuanku Nan
Tuo dan Fakih Saghir. Saking hebatnya pertentangan itu, Sang Guru
disebut Tuanku Nan Salapan sebagai Rahib Tua. Fakih Saghir malah
digelari Raja Kafir. Keduanya pun diperangi beramai-ramai. Hingga pada
suatu kesempatan, anak-anak sang gurupun dibunuh lewat sebuah tipu
muslihat.
Bilamana Tuanku Nan Rancak adalah Tuanku
Nan Renceh yang radikal itu, sangat wajar kiranya kalau namanya
dihitamkan dari daftar silsilah pihak keluarga istrinya Zainab. Apalagi
dia adalah pemimpin dari sekelompok murid yang dicap "durhaka" dan
tega-teganya memerangi sang guru (Tuanku Nan Tuo) dan anaknya Fakih
Saghir yang tak lain merupakan kawan dekat Tuanku Nan Renceh sendiri
sewaktu menuntut ilmu di mesjid Koto Ambalau di Nagari Canduang Koto
Laweh.
Chalidjah
Hasanuddin (Al-Jamíyatul Washliyah, 1930-1942: Api dalam Sekam di
Sumatera Timur Penerbit Pustaka, 1988, 186 halaman) pada catatan kaki
halaman 152 bertutur seperti berikut:“Ayahnya adalah kepala Jaksa di Padang, ibunya anak dari Tuanku Nan Renceh, seorang ulama terkemuka di kalangan kaum Padri.”
Muhammad
Syamsu As pada halaman 270 bukunya Ulama Pembawa Islam di Indonesia dan
Sekitarnya, Edisi: 2, Penerbit Lentera Basritama, 1996, 345 halaman
menyebut: “Sedangkan ibunya anak dari Tuanku Nan Renceh, seorang
ulama Paderi di Minangkabau. Ibunya ini adalah adik dari ibu Syekh
Thaher Jalaluddin (1869-1956).”
Kutipan dari Majalah Panji masyarakat, Volume 3 – 1999 halaman 120 menyebut:“Ibunya (Ahmad Khatib, Red) anak Tuanku nan Renceh, ulama terkemuka dari golongan Padri.”
Susiknan Azhari dalam bukunya Ensiklopedi Hisab Rukyat terbitan Pustaka Pelajar, 2005, 277 halaman" menulis pada halaman 15: “Ibu Ahmad Khatib adalah Limbah Urai, anak Tuanku Nan Renceh, seorang ulama Paderi terkemuka.”
A
Suryana Sudrajat dalam Ulama Pejuang dan Ulama Petualang: Belajar
Kearifan dari Negeri Atas Angin, Penerbit Erlangga, 2006, 103 halaman
menyebut: “Ibunya anak Tuanku nan Renceh, ulama terkemuka dari golongan Padri.”
Masih menurut Suryana Sudrajat
dalam Syekh Ahmad Khatib Minangkabau (1860-1916), Guru Kaum Pembaru
Generasi Awal, Nopember 29, 2007, yang dikutip Selasa, 12/8/2008
menyebut: “Ahmad Khatib boleh dibilang berasal dari keluarga
terkemuka dan dinamis. Dia lahir di Bukittinggi pada tahun 1855. Ayahnya
Jaksa Kepala di Padang. Ibunya anak Tuanku nan Renceh, ulama terkemuka
dari golongan Paderi. Tidak syak lagi, darah yang mengalir di tubuh
Ahmad Khatib berasal dari golongan ulama dan kaum adat.”
A.
Ikhdan Nizar St Diateh dalam Haji Baroen bin Ja’koeb Pendiri Surau
Pengajian Pertama dan Terakhir di Kotogadang? Minggu, 24 Februari 08
yang tertuang semula dalam
http://www.kotogadang-pusako.com/cetak.php?id=96 menukil: “…ingat
akan Syekh Ahmad Khatib, yang babako ka Kotogadang, cucu Tuanku Nan
Renceh ulama kaum Paderi, yang pergi belajar ke Mekah lalu tidak pernah
pulang lagi.”…..”Akan tetapi hal ini bisa terbantahkan
oleh kenyataan seorang bernama Abdul Latif berasal dari Kotogadang
menjadi menantu Tuanku Nan Renceh, seorang ulama Paderi terkemuka, dan
anaknya adalah Syekh Ahmad Khatib yang sangat kritis terhadap adat
Minangkabau."
Buya HAMKA dalam bukunya Ayahku: Riwayat Hidup Dr. H. Abdul Karim Amrullah, Penerbit Ummida, 1982 pada halaman 271, menulis:“Ibu
Syekh Ahmad Khatib adalah orang Empat Angkat. Ibunya bernama Limbak
Urai. Ayah dari Limbak Urai ini adalah Tuanku Nan Rancak, seorang ulama
terkemuka di zaman Paderi…”
Sementara
Akhria Nazwar pada halaman 5 bukunya berjudul Ahmad Khatib, Ilmuwan
Islam di Permulaan Abad ini, Penerbit Pustaka Panjimas, 1983, 117
halaman menulis: ”Ayah Limbak Urai ialah Tuanku Nan Rancak, seorang ulama terkemuka pada zaman Paderi.”
Pada
halaman 94 buku Riwayat Hidup Ulama Sumatera Barat dan Perjuangannya
yang ditulis dan diterbitkan oleh Islamic Centre Sumatera Barat, 2001,
224 halaman, dinukil: “Tuanku Bagindo Khatib mempunyai seorang
anak wanita bernama Siti Zainab. Siti Zainab dikawinkan dengan Tuanku
Nan Rancak, juga ulama besar."
Sementara
itu pada halaman 11 buku Cahaya dan Perajut Persatuan: Waliullah Ahmad
Khatib al-Minangkabawy Penerbit Adicita Karya Nusa, 2001, 85 halaman,
disebut: “Kakek Ahmad Khatib bernama Tuanku Nan Rancak. Ia adalah seorang ulama terkemuka dalam Perang Paderi.”
From: syukri datuk
To: "stlembang_alam@yahoo.com"
Sent: Monday, November 3, 2008 8:13:06 PM
Subject: PERKENALAN DAN MOHON KATARANGAN
Assalamualaikum Wr Wb Mak St Lembang Alam
Semoga Mamak jo keluarga sarato cucu dalam kadaaan sihaik. Amin!
Sanang
bana bisa mendapek kan alamaik email mamak di internet. Ambo lah lamo
ingin mancari tahu tantang keluarga dan silsilah Syekh Ahmad Khatib
Al-Minangkabawi nan ruponyo adolah ukuran kakek dari Mak Sutan.
Sabagai
surang anak Minang di tanah Rantau (Duri-Riau), ambo tamasuak suko
mambaco-baco tantang saluak baluak sejarah terutamo sejarah nagari awak.
Ambo dari Kamang Bukiktinggi, Mak. Kabatulan pernah ambo baco buku
karangan Buya Prof DR Hamka. Kato baliau, Nenek Mak Sutan nan banamo
Limbak Urai tu adolah anak dari Tuanku Nan Rancak, ulama terkemuka di
zaman Padri nan mangawini Zainab, anak dari Tuanku Bagindo Khatib, bakeh
Regen Agam nan digantikan dek Syekh Jalaluddin Fakih Saghir (ayah dari
Abdul Latif Khatib Nagari => apak dari Syekh Ahmad Khatib).
Nan
saketek maragu di ambo Mak Sutan, ado pulo katarangan nan ambo dapek di
internet juo. Ado nan manyabuik bahaso Limbak Urai ko adolah anak dari
Tuanku Nan Renceh, salah surang dari pencetus gerakan Padri tu.
Satidaknyo ado tigo sumber nan ambo dapek nan manyatokan Limbak Urai
anak dari Tuanku Nan Renceh. Partamu cuplikan buku Ensiklopedi hisab
rukyat oleh Susiknan Azhari - 2005 - 277 halaman. Nan lain adolah
cuplikan buku al-Jamʻiyatul Washliyah, 1930-1942: api dalam sekam di
Sumatera Timur oleh Chalidjah Hasanuddin - 1988 - 186 halaman. Juo
karangan A. Ikhdan Nizar St Diateh di www.kotogadang-pusako.com.
Katigonyo manyabuik Tuanku Nan Renceh sebagai kakek dari Syekh Ahmad
Khatib.
Satantangan dua katarangan nan babeda ko
(Prof Hamka mangatokan Tuanku Nan Rancak dan nan lain manyabuik Tuanku
Nan Renceh), tantulah Mak Sutan Lembang Alamlah nan jauah labiah tau hal
iko. Makonyo ambo ingin bana mamak bisa mambari katarangan nan sahiah
kapado ambo salaku salah surang anak Minang di rantau nan hauih jo
sejarah.
Maaf ambo sampaikan banyak-banyak ka
Mamak karano alah lancang manggaduah katanangan mamak dalam kasibukan
sahari-hari. Ateh bantuan dan katarangan mamak, ambo ucapkan tarimo
kasih banyak.
Hormat Ambo:Syukri Datasan Al-Pauhi
From: "Muhammad Dafiq Saib"
To: s_datasan@yahoo.com
Sent: Monday, November 3, 2008 5:32 AM
Subject: Re: PERKENALAN DAN MOHON KATARANGAN
Wa'alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakaatuhu
Partamu sakali ambo manyampaian ucapan tarimo kasih untuak pertanyaan-pertanyaan ko.
Sajujurno,
pangatahuan ambo indak pulo banyak tantang barito nan lain sahubungan
jo inyiak Syekh Ahmad Khatib ko salain dari pado ranji di pasukuan kami.
Dari uraian angku Syukri di bawah, nan cocok jo ranji tu adolah
katarangan dari Buya Hamka. Bahaso amak dari Limbak Urai tu banamo
Zainab dan baliau istri dari Tuanku Nan Rancak. Amak dari Zainab (nenek
dari Limbak Urai) banamo Bilan dan suami baliau adolah Khatib Tuanku
Bagindo. Amak pulo dari Bilan ko banamo Intan Budi sadangkan suami
baliau indak ado dalam catatan ranji kami lai.
Ambo khawatir Tuanku Nan Rancak suami Zainab ko mungkin dikaliruan urang jo Tuanku Nan Renceh.
Itu sajo nan dapek di ambo kajawabno.Wassalamu'alaikum
Lembang Alam
From: "syukri datuk"
To: "Muhammad Dafiq Saib"
Sent: Tuesday, November 4, 2008 3:07 AM
Subject: Re: PERKENALAN DAN MOHON KATARANGAN
As Wr Wb Mak Sutan.
Sanang
bana ati ambo langsuang mandapek tanggapan dari Mamak satantangan kakek
alias inyiak dari Syekh Ahmad Khatib nan ambo tanyokan kapatang. Tarimo
kasih banyak ambo ucapkan untuak itu. Cuma kok lai buliah ambo batanyo
ciek lai Mak; "Dima pulo kampuang Nyiak Tuanku Nan Rancak tu dan apo
pulo suku baliau?" Mudah-mudahan Mamak ado mendapek-an siwarih dari rang
tuo-tuo tantang itu. Soalnyo, dari buku Buya Hamka hanyo disabuik
Tuanku Nan Rancak, salah surang ulama terkemuka Paderi. Tantulah
panjalasan Mamak tantang iko (kalau ado) akan merupokan katarangan
sejarah terbaru nan mungkin salamo ko banyak urang nan indak tau.
Katarangan tambahan dari mamak akan sangaik ambo arok-kan. Ateh budi baiak Mak Sutan, ambo aturkan tarimokasih banyak.
Wassalam!Hormat Ambo ka Mamak
(Syukri Datasan Al-Pauhi)
Komentar:
syukri | November 5, 2008 at 1:42 pm
Salam Pak Suryana Yth
Saya
amat tertarik dengan karangan ini terutama pada bagian yang menyatakan
silsilah Syekh Ahmad Khatib. Dikatakan ayah beliau hoofdjaksa di Padang
dan Ahmad Khatib adalah cucu Tuanku Nan Renceh. Mungkin keterangan
pertama perlu diralat karena ayah Ahmad Khatib adalah Abdullatif Khatib
Nagari yang bukan Hoofdjaksa tapi ulama. Kakeknya Tuanku Andurrahman Dt
Rangkayo Basa lah yang hoofdjaksa di Padang itu. Keterangan yang kedua
menyebut ibu Ahmad Khatib adalah anak dari Tuanku Nan Renceh, ulama
Paderi. Ini sangat saya ragukan. Darimana Pak Suryana mendapat
keterangan seperti itu? Tentu ada sumbernya. Soalnya Prof DR Hamka dalam
bukunya menyebut, ayah Limbak Urai (ibu Ahmad Khatib) itu adalah Tuanku
Nan Rancak. Keterangan dari Bpk Muhammad Dafiq Saib, cucu ke sekian
dari Ahmad Khatib yang saya hubungi pun menyebut ayah Limbak Urai itu
Tuanku nan Rancak, bukan Tuanku Nan Renceh. Jadi Mohon klarifikasinya
tentang hal ini supaya jelas hitam putihnya.
Atas jawaban Pak Suryana, saya ucapkan terima kasih banyak.Wassalam
Syukri-Duri-Riau
http://tuankunanrenceh.blogspot.com/
1 comment :
Yth, penulis diatas.
Saya sebagai ahli waris Tuanku nan Renceh meralat bahwa Tuanku nan Renceh dan Tuanku Nan Rancak adalah dua orang yang berbeda, Tuanku Nan Renceh sukunya Koto sedangkan Tuanku Nan Rancak Pisang/Tanjung. Namun Beliau Berdua masih ada hubungan saudara.
Bapak Kandung Tuanku Nan Renceh Bernama Tara Datuak Mangkudum sedangkan Tuanku Nan Rancak Saudara Kandung dari Bapak Tuanku Nan Renceh yaitu Tara Datuak Mangkudum.
Jika ada Pertanyaan yang lebih detail dan rinci tentang sejarah Pahlawan Tuanku Nan Renceh Maupun Tuanku Nan Rancak hubungi Kami sebagai pihak keturunannya yang resmi dari beliau. saya akan bersedia memberikan informasi yang jelas dan akurat.
Muslim Sutan Mangkudum (di Bansa, Kamang Mudiak) - Hp : 085264657587
(Cicit dari Tuanku Nan Renceh dan Tuanku Nan Rancak)
Post a Comment