Monday, January 19, 2015

Fatima Al-Fihri

Fatima Al-Fihri:
Pendiri Universitas Tertua di Dunia


Armahedi Mahzar (c) 2015

http://aqlislamiccenter.com/wp-content/uploads/2014/08/pic-1.png


Kunjungan saya lima tahun yang lalu ke pameran 1001 Inventions di Museum London telah memperkenalkan saya pada seorang wanita mengagumkan yang menginspirasi dan memotivasi wanita Muslim secara global.

Apa yang saya benar-benar ingin berbagi dari pengalaman saya, yang berdampak pada saya, adalah kisah tentang seorang wanita yang luar biasa: Fatima Al-Fihri.

Seribu dua ratus tahun yang lalu, di bawah Negara Islam, seorang wanita bernama Fatima Al-Fihri hidup untuk membuat hidup bagi masyarakat dengan lebih baik dan seorang wanita dengan visi. Visinya bukan sekedar mimpi, tapi telah tercapai dan hasilnya masih bisa dilihat hingga hari ini. Pada 859, Fatima Al-Fihri mendirikan universitas pemberi gelar tertua yang sekarang bernama Universitas Qarawiyyin di Fez, Maroko.

Fatima merencanakan pada bangunan masjid  yang disebut Al Karaouine yang dikatakan yang terbesar di Afrika Utara yang letaknya berada di tengah-tengah Universitas Al-Karaouine' http//roadside2islam.files.wordpress.com/2010/03/2.jpge

Universitas Al-Karaouine sangat dihormati saat itu sebagai salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka dunia Muslim. Bahkan, pada hari ini, Guinness Book of World Records telah mengakui sebagai lembaga pendidikan tinggi tertua terus beroperasi  di dunia.

Fatima Al-Fihri pasti seorang wanita yang berpikiran jauh ke depan. Universitas yang didirikannya bersenyawa dengan masjid sehingga menarik para sarjana dunia. Fes, menjadi kota yang paling berpengaruh di dunia Muslim telah terkenal selama berabad-abad sebagai pusat agama dan budaya. Universitas tersebut telah menghasilkan pemikir besar seperti Abu Al-Abbas al-Zwawi, Abu Madhab Al-Fasi, seorang ahli hukum tekemuka mazhab Maliki dan Leo Africanus http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/b/b5/Amin_Maalouf_Leo_Africanus.png seorang musafir  dan penulis terkemal.

Itu belum semuanya, Unviersitas memainkan peran utama dalam hubungan budaya dan akademik antara dunia Islam dan Eropa. Seorang filsuf Yahudi terkenal dan teolog Maimonides http://scheinerman.net/judaism/_images/rambam.jpg (Ibn Maimun) belajar di sana di bawah bimbingan Abdul Arab Ibnu Muwashah. Selain itu, Ibnu al-Arabi Ibnu Khaldunhttp://www.bukumahasiswa.com/wp-content/uploads/2014/06/ibnu-khaldun.jpg  dan Al-Bitruji (Alpetragius)  semua terhubung dengan universitas baik sebagai akademisi maupun mahasiswa.

Seiring waktu berlalu, universitas memperoleh perlindungan sultan yang kuat secara politik. Ini dikompilasi pilihan manuskrip yang saat ini terus dijaga di perpustakaan. Di antara naskah-naskah kuno adalah volume dari yang terkenal Al-Muwatta Malik ditulis pada perkamen kijang, Sirat Ibn Ishaq, sebuah mushaf Alquran yang diberikan kepada universitas oleh Sultan Ahmad al-Mansur pada tahun 1602, dan salinan asli dari kitab Al-'Ibar tulisan Ibnu Khaldun .

Al-Qarawiyyin adalah contoh sempurna tentang bagaimana Islam menggabungkan spiritualitas dengan pendidikan dan bahwa Islam tidak terpisahkan dari urusan hidup keduniaan. Ini bukan hanya sebuah contoh bagaimana pendidikan dan agama bergabung dalam sudut kecil ini dunia, tetapi menyoroti peran terhormat bahwa perempuan di komunitas Islam - aspek Islam yang sering disalahpahami. Selain itu, selama abad pertengahan itu dianggap sebagai pusat intelektual utama di Mediterania.

Reputasi yang sangat baik bahkan menyebabkan Gerber dari Auvergne belajar di masjid ini. Auvergne itulah yang kemudian  menjadi Paus Sylvester II http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/a7/Pope_Sylvester_II.jpg  dan telah diakui sebagai orang yang memperkenalkan angka Arab dan nol ke seluruh Eropa.

Fatima Al-Fihri hanya salah satu contoh dari banyak orang lain dan dia adalah kisah luar biasa yang telah meninggalkan kesan abadi pada saya. Dia adalah contoh yang khas memberikan cahaya pada peran dan kontribusi perempuan di bawah peradaban Islam. Peran tersebut adalah subjek kesalahpahaman luas diadakan Islam yang sekarang perlu dipertanyakan dan diperbaiki!

1 comment :

Unknown said...

Oke makasih