Wednesday, October 01, 2014

Permainan Batang Logika Berwarna

Permainan Batang Logika Berwarna

Armahedi Mahzar (c) 2014

Dalam blog yang lalu telah ditunjukkan bahwa penggabungan dan pembuangan garis-garis sejajar berwarna-warni dengan dua ukuran dapat membuktikan setiap silogisme absah yang ditabelkan oleh Leibniz. Proses pembuktian kombinatorik itu bisa disimulasikan dengan permainan susun-bongkar batang-batang berwarna dua ukuran.

Berikut ini akan ditunjukkan kita bisa membuat permainan susun-bongkar batang-batang berwarna-warni satu ukuran saja. Rahasianya adalah kenyataan bahwa kita bisa mengganti batang panjang yang menyatakan penyangkalan satu pengertian dengan batang yang mewakili pengertian itu dalam keadaan miring.

Pernyataan  Kategoris Fundamental Aristoteles                       


Jika subyek a diwakili oleh batang tegak merah  dan predikat b diwakilkan oleh batang tegak hijau, maka pernyataan kategoris fundamental Aristoteles diwakilkan oleh pasangan batang seperti pada tabel  sebagai berikut


Alasan dan kesimpulan suatu silogisme bentuknya adalah salah satu dari keempat pernyataan tersebut.

Pembuktian Keabsahan Silogisme


Langkah permainan yang mencerminkan pembuktian keabsahan suatu silogisme meliputi langkah-langkah berikut
    (1) menggabung pasangan batang yang mewakili kedua alasan sebuah silogisme
    (2) membuang pasangan batang  sewarna dengan posisi yang berlawanan
    (3) meletakkan batang yang mewakili subyek pada alasan kedua sebagai batang yang mewakili subyek pada kesimpulan silogisme tersebut.

Dengan permainan seperti ini, kita dapat melakukan pembuktian silogisme-silogisme absah dengan mudah, karena hasil akhir permainan itu adalah bayangan dari kesimpulan silogisme  yang dapat kita bandingkan dengan kesimpulan pada tabel Leibniz berikut:
  

Catatan Akhir


1.    Tampaknya, permainan batang berwarna ini sangat mudah sehingga bisa diajarkan pada anak-anak TK sekali pun.
2.    Sayangnya, permainan ini hanya bisa dimainkan dengan benda-benda panjang seperti misalnya sebuah batang,  tetapi tidak dengan benda dengan bentuk sembarang.
3.    Insya Allah, dengan pertolongan sehelai kertas permainan simulasi pembuktian keabsahan sebuah silogisme bisa dilakukan dengan pasangan barang barang sembarang seperti yang akan saya sampaikan pada blog berikkutnya.

1 comment :

"ISKANDAR LENDERS" said...

Assalamu'alikum Warahmatullahi Wabarakatuh

InshyaAllah, Kantor Pinjaman Iskandar Lestari memberikan semua yang telah kehilangan harapan finansial untuk mendapatkan kembali status keuangan mereka melalui pinjaman segala jenis. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email kami: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) karena Anda akan menikmati Persentase Bunga Persentase Tahunan terendah, di bawah bimbingan tim staf yang ramah siapa yang peduli dengan Anda dan keluarga Anda, karena Anda pasti mendapatkan pinjaman yang nyata dan asli dalam waktu kurang dari 73 jam berapa anda membutuhkan dana untuk proyek anda? bisnis expasion pembayaran hutang? Tambahan modal untuk hal-hal yang tidak disebutkan di sini dengan ISKANDAR LOAN FIRM Anda bisa mengatakan Alhamdulillah, karena kami adil, jujur, dapat dipercaya, sopan, dan tentu saja murah hati dalam pelayanan kami jika Anda ingin menghubungi ibu secara langsung, Anda dapat melakukannya melalui BBM INVITE: {D8980E0B} Assalamu'alaikum wr wb, Allahu Akbar ....... Allahu Akbar ........ Allahu Akbar